6 Tips Branding Usahamu dengan Video Animasi Explainer

Tips branding usaha dengan video animasi explainer

Video animasi explainer untuk branding

Beberapa tahun belakangan ini, video explainer sudah digunakan oleh berbagai bidang, mulai dari kuliner, pendidikan hingga start up. Dengan adanya video explainer, audiens akan mendapatkan informasi lebih jelas akan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Diartikel ini akan dibahas mengenai berbagai tips branding usahamu dengan video explainer.

Tujuan utama pembuatan video explainer adalah membangun branding atau merek kamu. Oleh karena itu, berikut beberapa tips membangun merekmu lewat video explainer.

Tampilkan ciri khas brand kamu

Saat kamu sudah memiliki brand tersendiri, tentunya brand atau merk kamu harus unik dan berbeda dari produk yang dijual oleh pesaing bisnis kamu. Maka dari itu, tampilkan ciri khas akan merek kamu ini. Kamu bisa menampilkan dengan tagline, maskot atau dengan menampilkan berbagai keunggulan produk kamu dibandingkan produk kompetitor. Nah, dari berbagai ciri khas tersebut masukan ke dalam video explainer kamu.

Lakukan riset akan calon konsumen kamu

Sama halnya dengan pemasaran, pembuatan video explainer juga harus disesuaikan dengan target konsumen kamu. Maka dari itu, lakukan riset siapa saja calon konsumen untuk produk kamu. Apabila sudah ada saatnya, maka buat video explainer yang sesuai. Contohnya saja, produk kamu menyasar ke remaja, maka penggunaan animasi dan warna cerah akan memberikan solusi untuk para remaja. Bisa juga ditambah desain foto-foto yang unik misal : foto mozaik, foto kolase dan foto sejenis.

Libatkan penonton dalam video kamu

Melibatkan langsung penonton menjadi solusi untuk membangun merekmu dengan Jasa Video Explainer. Artinya, kamu bisa mengajak penonton untuk merefleksikan apa apa saja yang mereka alami. Cukup ajukan saja pertanyaan yang sekiranya sesuai dengan konsep video explainer kamu. Hal ini bukan hanya membangun brand kamu, melainkan juga membangun hubungan personal antara konsumen dan brand kamu.

Video explainer yang fokus akan konsumen

Hindari penjualan berlebihan dalam video explainer. Kamu bisa sedikit lebih kreatif dengan menceritakan kisah inspiratif konsumen kamu setelah menggunakan produk kamu. Nah, dengan sumber yang natural, maka calon konsumen lainnya akan lebih dekat dengan brand kamu.

Video explainer yang baik adalah video yang mencerminkan usaha dan produk kamu. Tetapi, video yang kamu buat juga harus unik dan lebih unggul. Hal ini menjadi aset tersendiri untuk video explainer kamu.

Pilih timing penayangan yang tepat

Tips selanjutnya, pilih waktu penayangan yang pas atau momen yang tepat. Hal ini akan membuat brand awareness sangat berhasil. Salah satu contohnya adalah produk kopi dengan logo luwak.

Nah, promosi dari brand tersebut benar-benar memanfaatkan waktu yang pas untuk mengambil momen. Saat heboh-hebohnya Kopi Luwak, mereka menggunakan mereka yang belum pernah ada sebelumnya. Padahal belum tentu kopo tersebut benar-benar terbuat dari kopi luwak.

Pemilihan waktu tayang yang pas untuk video explainer kamu akan membuat merek atau produk kamu cepat terkenal. Contohnya, ya seperti brand kopi tadi.

Perhatikan komposisi video

Dalam dunia video marketing ada aturan berupa 80/20, di mana 20 persen digunakan untuk konten, sedangkan 80 persen waktu video untuk mempromosikan konten kamu. Hal ini juga berlaku untuk video explainer kamu.

Belum lagi, kebanyakan penonton akan menutup video explainer dalam waktu 10 detik. Jadinya 80 persen video marketing hanya ditonton awalnya saja. Jadinya bukan komposisi video saja, melainkan juga video explainer harus jelas dan to the point.

Berikan saja 3-4 point penting abar penonton tidak merasa bosan. Bahkan bisa jadi menontonnya hingga akhir. Dengan begitu, merek produk kamu akan semakin dikenal.

Itulah beberapa yang harus diperhatikan jika ingin mem-branding merekmu dengan video explainer. Semoga artikel ini berguna bagi anda, terima kasih.

Leave a Comment

× Live Chat WA